Tanah Bumbu yang Indah

Perjalanan dinas ke Tanah Bumbu adalah perjalanan pembuka saya ke Kalimantan tahun ini. Setelah ke Tanah Bumbu, saya dijadwalkan mengunjungi Pasir di Kaltim, Ketapang di Kalbar dan Pangkalan Bun di Kalteng. Perjalanan ini bisa jadi adalah perjalanan terunik. Sampai dengan hari H, contact person di tempat tujuan tidak dapat dihubungi. Tak disangka, beberapa hari sebelumnya, direktur RSUD Kab. Tanah Bumbu justru datang ke kantor saya. Akhirnya saya pun nunut (Jawa, mengikut) beliau pasrah bongkokan (Jawa, pasrah sepenuhnya) gimana caranya bisa sampai ke ujung tenggara pulau Kalimantan.

Tanah Bumbu

Kenapa tiap perjalanan dinas saya diwanti-wanti oleh atasan untuk selalu menghubungi contact person terlebih dahulu, karena memang tidak semua perjalanan dinas saya ke daerah-daerah yang mudah dicapai. Tentu kita semua tidak menginginkan ada berita tentang pegawai pusat yang tersesat nggak ada juntrungnya di tengah hutan Kalimantan. Apalagi perjalanan ke Tanah Bumbu yang merupakan kabupaten pemekaran dari Kab. Kota Baru ini memang membutuhkan stamina lebih. Tanah Bumbu hanya bisa dicapai melalui perjalanan darat selama 10 jam dari Banjarmasin. Tadinya ada penerbangan perintis ke kota ini, namun karena alasan perijinan landasan pacu yang bukan dimiliki oleh otoritas penerbangan resmi maka untuk sementara penerbangan dihentikan. Pantas saja saya kebagian daerah tujuan ini. Mungkin karena paling muda di kantor jadi saya dianggap paling kuat. Padahal sih tukang mabok..

Dari Banjarmasin, kami berangkat malam hari. Mobil bermesin diesel yang dikemudikan sendiri oleh pak dokter Direktur RSUD melesat menuju timur. Perjalanan yang nyaman hanya berlangsung kurang lebih 6 jam. Selepas menyisir pantai selatan Kalimantan, jalanan mulai tak rata. Kendaraan kami harus mengerem tiap 200 meter. Jalanan rusak berat karena memang kondisi tanah di sini tidak memungkinkan untuk dibalut aspal. Aspal tidak bisa ditaburkan begitu saja seperti di Jawa. Urat-urat air di bawah tanah akan segera menggerus aspal di atasnya.

Jalanan aspal tergerus urat air

Di Batu Licin, ibukota Tanah Bumbu, kami menginap di Hotel Ebony. Sebuah hotel yang masih baru bergaya modern. Tempatnya sangat nyaman. Tidak terasa bahwa saya sebenarnya berada di ujung tenggara Kalimantan. Tempat dimana sama jauhnya menuju ke Banjarmasin atau ke Balikpapan.

Komplek perkantoran Pemda Tanah Bumbu dipusatkan di pedalaman. Suatu pemikiran yang bagus, karena pembangunan kantor di sana akan menarik orang-orang untuk berkembang ke arah utara. Tidak melulu berkumpul di pinggir jalan lintas provinsi saja.

Yang dibangun agak terpisah justru gedung DPRD. Letaknya sudah mulai di luar kota ke arah Jorong. Saat itu, pembangunan gedung ini sedang berjalan.

Gedung DPRD Tanah Bumbu
Sementara di Pagatan, ada pelabuhan yang menghubungkan daerah ini dengan Kota Baru. Satui juga wilayah yang sangat penting bagi Tanah Bumbu. Konon, aspirasi pemekaran wilayah Tanah Bumbu dari Kota Baru digalang di daerah ini.
Sinyal telepon seluler pun tidak mengalami hambatan. Saya sebagai pengguna Indosat tidak kekurangan sinyal. Demikian pula Dadang, rekan perjalanan saya yang menggunakan Telkomsel. Sinyal penuh. Pulsa kosong. 😀

Tanah Bumbu memiliki potensi pertambangan yang luar biasa. Bahkan bisa-bisanya setiap perusahaan pertambangan memiliki pelabuhan sendiri-sendiri. Sangat tidak efisien dan merusak alam. Mustinya cukup satu pelabuhan yang ditangani secara professional saja sudah cukup. Dengan banyak pelabuhan seperti ini, juga akan menurunkan system pengendalian. Pemda tidak bisa sepenuhnya mengawasi keluar masuk barang dan hasil alam.

Produksi kehutanannya juga menjanjikan. Bandara yang saya sebut sedang ditutup itu pun bekas sebuah perusahaan penebangan.

Kabupaten Tanah Bumbu sendiri baru terbentuk tahun 2003 melalui Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2003. Dana Perimbangan dari pemerintah pusat pun baru dikucurkan tahun 2004.

Dua hari, satu malam saya berada di kota ini. Ketika tiba waktunya untuk pulang, entah rejeki apa, kebetulan pula pak dokter direktur RSUD pun ada keperluan di Banjarmasin. Tak menolak tawara beliau, kami pun numpang beliau lagi kembali ke Banjarmasin. Pak dokter satu ini memang hobi mengemudi. Mungkin mirip dengan pak Gubernur Aceh yang kabarnya jagoan rally itu. Istimewanya, karakteristik mengemudi Pak dokter justru lebih cocok dengan mobil bermesin diesel. Dasar pejabat, hampir semua mobil di RSUD yang beliau pimpin, mulai mobil operasional sampai ambulans, bermesin diesel.

Berbeda dengan perjalanan berangkat, kali ini kami bisa menikmati pemandangan karena perjalanan berlangsung di siang hari. Dan benar saja, saya pun dimanjakan dengan pemandangan-pemandangan landscape yang lebih indah dari wallpaper Windows XP. Hutan yang asri, hijau lebat, diseling padang rumput yang luas. Sempat saya melamunkan asyiknya berkuda di sana. Mengelilingi ranch berisi sekawanan ternak (halah cowboy banget). Sayangnya kamera yang digunakan tidak memadai untuk menangkap keindahan di depan mata.
Lebih indah dari wallpaper Windows Lebih indah dari wallpaper Windows bo.. Lebih indah dari wallpaper Windows bo.. beneran.. Lebih indah dari wallpaper Windows bo.. beneran.. dijamin!

Rute perjalanan kami dimulai dari Batu Licin – Satui – Kintap – Jorong – Pelaihari – Banjarbaru dan akhirnya Banjarmasin. Di sekitar daerah Jorong kami sempat beristirahat sejenak.

Sesampainya di Banjarmasin, ternyata hanya tersisa dua jam sebelum pesawat kami berangkat. Saya pun tidak bisa berbelanja banyak. Hanya sempat membeli apa yang terseida di bandara saja. Titipan bang Anto dari kantor pun tidak terbeli. Sempat saya menitipkan titipan (halah integral dong..) yang dimaksud ke salah satu kerabat di Banjar. Dijawab, “Kalau cinderamata perahu karet nggak bisa dikirim via pos Bang. Terlalu lunak untuk masuk bagasi.” Ya sud, saya hanya bisa meneruskan jawaban ke sang penitip. Yang penting sudah usaha.

Perjalanan ke Tanah Bumbu memang unik. Disopiri pak dokter menjelajahi tanah yang sangat kaya alamnya, membuat saya optimis. Indonesia masih bisa maju! (Asal bener yang ngelola..)

  • erli

    boleh tau ndak dimana alamat hotel ebony saya tertarik akan cerita yang digambarkan.

  • Alamat lengkapnya saya lupa. Dari arah Banjarmasin letaknya sebelah kiri jalan, kira-kira 3 kilometer (warning: unprecise!) sebelum keramaian ibukota Tanah Bumbu.

  • norma

    Tanbu skrg keren yACH mAS…Tp…jmlh SDM yg b’kualitas ga t’lalu bxk ya. ini terbukti dengan tingkat pembangunan yang ada tidak sesuai dengan pendapatan daerah yang besar. terutama dari pendapatan batu baranya. katanya tanbu adalah kab. yang pendapatan daerahnya terbilang mencukupi. tapi kok, mana buktinya…….?
    oh ya, saya juga mahasiswi asal tanah bumbu. sebenarnya kami sangat prihatin tentang keadaan kab. kita. tolong masalah pendidikan lebih diutamakan untuk menjunjung potensi sdm kita, jangan hanya entertainment yang lebih dikedepankan, bagaimana kab. kita mau berkembang ……? tolong ditanggapi…………..

  • dafi017

    jadi kangen ma rumah nih…….
    tapi perbaiki dong jalan disana………..
    supaya kami para mahasiswa dari Tanah Bumbu
    klo plang bisa enak dan cepat……..

  • @ry

    Untuk norma dan dafiO17
    Masih zaman nggak yha seorang mahasiswa hanya menuntut? Coba ubah pola pikir, “apa yang harus saya lakukan agar…
    Apa sumbangan saya agar…”
    Yuk, mari sama2 membangun bangsa!

  • BKoen

    Untuk Erly ,
    Hotel Ebony beralamat di Jl. Raya Batulicin (Simpang Pelabuhan Ferry), Batilicin – Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan
    Tel. 0518-71475 / Fax. 0518-70344
    Website : ebony-batulicin.com

  • Saya mhasiswi asal Pagatan Tanah Bumbu, domisili skrag di Jakarta. Dger2 skrang jalan di Tanbu mkin rusak kah? aduh..sedihnya..tolonglah stidaknya akses antar provinsi dpet perhatian lbih dri pemda, jalur transport kan untk mpermudah akses kluar msuk tanbu…kalo naek mobil ke tanbu pake acara goyang inul selama berjam-jam siapa yg mau dtang ke daerah kita?? Lantas kpan berkembangnya kalo ga dikenal orang? Ya nggak sih? gimana pun anak2 muda Tanbu slalu bangga dgn daerahx sendiri, termasuk saya yg lg ngerantau di Jakarta..

  • dafi017

    saya bukannya nuntut……
    tapi klonya emang bisa diperbaikin kan bagus………..
    tuk kenyamanan kita bersama juga kan…………

  • batulicin emang kabupaten pemekaran paling maju.ada pelabuhan besar, bandara, hotel bagus byk kyk ebony, friendship dll.bahkan restoram waralaba CFC aja buka cabang disana.nggak nyangka bgt…! saat ini batulicin lagi ngadain acara bertaraf nasional yg dihadiri SBY, gubernur, bupati, walikota se Indo.hebat…!

  • buat anak2 batulicin tolong dongk up load foto hotel ebony, n tempat2 menarik di sana.kirim email ke deborneo54@gmail.com.aku tunggu lho.kunjungi juga ya kalimantanku.blogspot.com….
    byk infi ttg keunikan n wisata kalimantan, khususnya kalsel.

  • dafi017

    wah…..
    gmana nih acara pesta laut yang di adain di pagatan……
    rame ga………..
    sayang ga bisa pulang nih…………..
    ge banyak tugas kuliah…….

  • rwyn1982

    Jangan bandingkan kabupaten pemekaran dengan kabupaten yang sudah lama menjadi kabupaten, kita tidak bisa langsung menyulap pambangunan semalam langsung maju. Tapi menurut saya sudah merupakan prestasi yang membanggakan untuk tanah bumbu bisa mencapai yang sekarang, akan tetapi tentu saja kita tidak boleh berpuas hati, karena potensi kabupaten ini sangat besar untuk dikembangkan dan saya sangat yakin sekali kabupaten ini akan kemajuan dari kabupaten ini. menanggapi masalah SDM, menurut saya banyak putra daerah yang ada di pulau jawa tidak mau pulang membangun kampung halamannya terutama tanah bumbu

  • Rangga SManSa Pagatan’06

    ass..
    ehem..
    saya juga adalah salah stu putra daerah tanah bumbu yang skrg bertolak k’kota Gudeg Yogyakarta demi menuntut ilmu..
    udah 1 tahun ini saya ga pulang k’tahah bumbu untuk bertemu orang tua, ade gilang saya yg lucu.. sanak saudara, guru2 saya.. teman2, menikmati pantai pagatan dll lh pokok udah lama bgt ga ber nostal gila k’tanah bumbu..
    my home… i miss you…

  • Rangga SManSa Pagatan’06

    tanah..bumbu.. i miss you

  • pataray

    pokok’y majukan PAGATAN!
    berikan lahan kerja yg memadai bagi penduduk sekitar
    yg terpenting fasilitas pendidikan harus lebh jelas dan bermutu!
    berikan akan kesadaran bagi mengembangkan lingkungan
    jgn mementingkan diri sendiri!
    mentang2 pepadaan “ayo tarus”

  • pataray

    jauhkn daerah kita dri keidentikan “keseraman”

  • Rangga SManSa Pagatan’06

    ass…
    sapa aja orang pian2 yang dari tanah bumbu..
    ulun mnta tlg informasi perkembangan BMT didaerah kita..
    sungai danau,lasung,girimulya,pagatan, batulicin,sekapuk sebamban, dll…
    ulun mnta naran2 BMT yang ada didaerah kita..
    soalnya ulun handak mengajukan proposal penelitian didaerah tercinta.. terima kasih..

  • Norma07

    Whey…putra-putri Tanbu.Seneng dech denger suara kalian lage…
    Untuk Mas Ari, thx saranx. Mank pd dsrx manusia selalu menuntut yg lebih,g’ xadar.Tapi ini mungkin ga’ dialami orang lain kok.Cuma Norma aza yang kayak gini.
    Ya udah,sekarang Norma tanya,apa yang harus kami lakukan untuk kabupaten tercinta kita ini?

  • Rangga SManSa Pagatan’06

    ass…
    eheem..
    rangga setuju buat penyataan norma yang…
    “jangan hanya entertainment yang lebih dikedepankan, bagaimana kab. kita mau berkembang..”

    Rangga coba kasih semangat buat norma dalam memajukan kualitas daerah. sebagai mahasiswa kita haruslah dapat berpikir lebih kritis dalam melihat perkembangan zaman sekarang bisa dibilang gila-gila’an n’ banyak orang yang hanya mau seneng-seneng doank..

    sekarang kita tinggal pilih apakah kita mau dibilang “pejuang peradapan” atau “pecundang peradapan”..

    nah tugas kita sebagai mahasiswa sekarang untuk memajukan potensi daerah adalah dengan harus aktif menggali ilmu sebanyak-banyaknya dimanapun kita berpijak sekarang agar kita praktekkan dan kita bisa kontribusikan semua itu pada semua orang disekitar serta generasi2 kita kelak. tapi jangan sampai buat nilai jeblok ya,,, apalagi ampe IPK 2,00..
    menjadi aktifiskan bukan berarti harus mengorbankan nilai akademis kita dikampus..hehe..

    buat norma, rangga d’yogya titip salam ma temen2 d’tanah bumbu ya..

  • halah, tanah bumbu, lo liat aja dari cara mereka mengelola pemerintahan mereka yang amburadul, mementingkan keluarga mereka sendiri, tanpa memperhatikan rakyat, lo lait aja sendiri pengangguran yang semakin merajalaela, lo liat aja sendiri catatan BPS tentang kelauraga miskin, lo lait aja sendiri tentang pemanfaatan PAD mereka, lo liat aja sendiri pembangunan apa yang sudah mereka usahakan

  • Tika

    wah ceritanya sama dengan cerita pasangan saya yg kerja di Batulicin..mmmm.. mungkin suatu hari saya akan mengunjunginya.

  • dafi017

    tu kan skarang…….

    Insya Allah kalau kami” di beri kesempatan kami akan ubah……

  • fajar

    hae..teman2 seneng denger kalian ikut commen di sini! Aqu juga kangen ma tanah bumbu..hehhe! kita emang ga sebaiknya membandingkan terlalu jauh tanbu yg msh anak2 ini dgn kabupaten lain yg udah lama, juga ga boleh banyak nuntut. Tapi,HALLOOO….boleh donk aspirasi dikit. kabupaten lama khususnya kotabaru emang harus kita contoh, kalo ga kpan majunya nich?? ohya ,trus terang nich saya sempat pulang kampung, btw jalan penghubung batulicin-pagatan tambah ancur ya?? kok dibiarin gitu aja..? kayaknya harus ada budaya MALU nich! malu dong kita ama daerah lain, di jawa aja biar di pelosok kaya desa sekitar gn. merbabu, jateng yg pernah saya kunjungi aja aspalnya mulus buangetz!! jgn karena memikirkan daerah kita msih muda kita jadi males ngebangunnya, jgn karena kita jauh di kalimantan lalu akses jalan ga penting, jgn jawa terus yg di depan. Kita emang orang pelosok, tapi kita punya hak dan kemampuan untuk sukses dan sama hebatnya dgn daerah berkembang. Masalah anak2 muda tanah bumbu yg ga mau pulang membangun daerahnya, saya cuma bisa bilang, dgn keadaan yg sepertinya kayak gini2 aja, wajar kali anak2 muda pada males pulang. tapi, yang pasti walaupun saya kerja di jakarta, saya ga pernah berhenti memikirkan daerah tanbu. Melihat kemajuan kota-kota di pulau jawa, khususnya Jakarta, selalu mengingatkan saya dgn kampung halaman yg sgt jauh tertinggal. kapan Tanah Bumbu bisa maju ya? akhlak, moral,kegigihan, disiplin,yakin, teguh itulah modal kita saat ini memajukan tanbu. mungkin kelewatan kalau membandingkan tanbu dgn jakarta, tapi begitulah pola pikir saya sejak kecil..saya selalu yakin kita BISA meraih impian yg lebih,lebih,lebih besar lg, dgn menjaga impian slalu ada di hati itulah yg mbuat kita giat bekerja!

  • ana

    numpang tanya….
    perjalanan dari banjarmasin ke batu licin naik pesawat lewat kotabaru bisa tidak?
    naik pesawat apa ya?
    lalu dari kota baru ke batulicin naik apa?

    terimakasih ….

  • saya sendiri belum pernah ke batu licin dari banjarmasin, tapi kata rekan yang pernah penempatan kerja di kota baru ada pesawat dari banjarmasin ke kotabaru. maskapainya Riau Airlines.

    dari kota baru ke batu licin tinggal nyebrang pake speed boat atau feri kalau mau bawa kendaraan sendiri.

  • ana

    hello…
    Abu Abbas…

    terimakasih atas infonya, ohya setelah dari batulicin ke kotanya naik apa ya?

    salam

    nb: semua yang akan beri info , terimakasih sebelumnya

  • Ada kendaraan umum yang melewati jalan utama di Batu Licin. Tujuan Anda ke mana? Kalau ke pusat kota, ada di jalan utama itu. Kalau pusat pemerintahan, arahnya masuk ke pedalaman.

  • wahh, seneng nya denger cerita2 kalian. aq juga putra daerah Tanbu.cuma aq udah 2 tahun kerja di jakarta.pengen bgt rasa nya pulang ke batulicin, kata nya sich batulicin udah beda ya alias lebih maju dari 2 tahun lalu yang aq tinggalin. semoga pembangunan di Tanah Bumbu lebih merata di segala aspek.
    will back go home, oh i miss u..
    bagi yang mau berbagi sama aq sialh kan kirim email ke :bocah.borneo@yahoo.co.id
    ym : bocah.borneo

  • 461 SMANSA 1 PGT ’07

    ASS wr wb… bahagia rasanya dengar kalian bisa memberi komen and jujur rasanya aku sangat rugi terlambat membaca aspirasi – apirasi kalian semua. oh ya kemaren tepatnya tanggal 28 juni 2008 saya pulang ke Tanah Bumbu yang tercinta selama satu minggu saya disana, informasi mengenai perkembangan dari teman- teman yang kemukakan tadi sudah ditanggapi, jalan raya khususnya dari Sungai danau sampai dengan Batulicin sebagian sudah diperbaiki dan hasilnya, saya sangat yakin sangat memuaskan. mengenai masalah pembangunan yang tidak seimbang dengan pendapatan, itu mungkin kita tidak melihat secara keseluruhan. sebenarnya sangat banyak pembangunan yang sudah sedang berlangsung, mungkin teman – teman tidak pernah ke kantor pemkabnya, tepatnya daerah pedalaman yang bernama pondo’ Butung yang sebelumnya sama sekali tidak ada jalan kesana, sekarang tedapat dua pasang jalan raya menuju ke sana yang menghubungkan jalan provinsi dan kecamatan, disamping itu terdapat rumah bangunan rumah sakit, hotel yang terdapat dipesisir pantai pagatan dan masih sangat banyak mesjid -mesjid baik yang deperbaiki maupun yang dibangun,yah jika kita menghitung – hitung pengeluaran memang sebanding dengan pemasukan, tapi saran saya kepada bapak yang berwenang, jika merencanakan pembangunan sebaiknya satu persatu, jadi dana terpusat pada satu pembangunan dan hasilnya akan lebih cepat walaupun terlihat perkembangannya lambat, terima kasih,

    salam buat!!!! Rangga sayang,ingat ga’ kita perkampungan di Sungai Danau diputusin ma Pacar hanya gue yang tau,

    Norma rajin – rajinlah, masalah hidup pasti selalu ada, tapi yakinlah kita pasti bisa sukses,

    Fajar…aku kangen ma kocakmu sekarang kamu ada dimana? Sudah jadi pramugarikah?

    Ka’ Ari saya senang punya kaka angkatan seperti pian, bisa berpikiran positif

    dafi ngaco’ lho….makin lawas makin liar kena malam ke kamar Q.

  • Rangga SManSa Pagatan’06

    461 SMANSA 1 PGT ’07?
    sapa seh..?
    duh penasaran ne… fajar sekarang kerja d’jakarta,,, udah lama ga d’jogja,,

    udah kangen juga ma suasana perkampungan… sekarang gmn?
    masih lanjut apa udah kaga jalan lagi mr. hengky masih di pagatan? klo ktm beliau ato mrs ratna blg rangga titip salam…

    oh? jalan menuju pagatan udah bagus y?
    alhmdulillah dah klu gto..
    insya4wl lebaran ne rangga balik,
    miss u tanah bumbu..
    i’m comming….

    oh ya, buat teman-teman yang punya friendster add rangga ya D’: ang_thegreenjacket@yahoo.com
    and klu temn2 pnya info ex: beasiswa dll, sent k’ : ang_lengo@yahoo.com ya..
    yahoo id :

  • fajar

    461 SMANSA 1 PGT ’07?? Who are you…??? ya,Allah…ga nyagka website ini mlah jdi media kmunikasi utama ya?? hehehe! gpp lach, trus smbung silaturahmi.
    Alhamdulillah, aq udh sign kontrak 3 thn pramugari di Sriwijaya Air, klo g ad hlgan akhir juli aq udh terbang, tp msh status trainee alias msh du2k di kursi pnumpang,hehe! mohon doanya,ya biar bs kerja dgn baik…! Amin!
    Hai, Rangga dan aq kgen suasana perkampungan, SEMUA hal yg q dpat di AV-lah faktor utama aq brhsil ktrima di Swjy-A,Alhamdulillah! Thanks to AV yg bkin aq lhid PD b’saing di Ibukota.
    Aq stuju dgn pndapat Mr/Miss 461 :plan pembangunan sbaiknya SATU demi SATU. lbh kefokus lbh keurus. Biar lambat, tp apa yg dbgun itu pasti akan bs brthan lama dan kokoh, ya ga?
    Especially for all anak2 Tanbu,lakukan apa yg bsa kalian lkukan untk memajukan dan meningkatkan kualitas diri kalian, juga lkukan apa yg bsa kalian lkukan sbgai kontribusi untuk Tanah Bumbu. Apapun itu, kecil, besar asal positif_TERIMA KASIH ikut slalu m’dukung Tanah Bumbu! “Go head Tanah Bumbu, show your self…!!”

  • fajar

    Lupa nich! Bwt Rangga, Mr.s. Ratna skrg msh di Pgtn, giat ngajar Children Class, Mr. Hengky klo g slah msh di Uniska.
    Oo…wi…yaw…!! Bwt anak2 Tanbu, add my fs ya!
    rhisqya@yahoo.com , e-mailnya juga sama ko.

  • Rupanya tanah bumbu sudah mulai berbenah…

    jalan jalan sudah mulai diperbaiki….

    jalan utama d pagatan dah mulus…

    tanggal jalan penghubung pagatan batulicin yang masih ikerjakan….

    jalan utama sei danau pun dah hampir rampung….

  • Rangga SManSa Pagatan’06

    ehem…
    tanah bumbu.. i’m comming..
    udah kangen berat ne ma kalian2 teman2ku di sana..
    insya4wl tgl 23 agt ne rangga balik…
    doakan selamat sampe tujuan ya bro…

  • santoso, Koran Pendidikan Dimensi, Malang.

    Sudah beberapa kali saya cari blog dari teman-teman di Batulicin atau Tanah Bumbu, tapi gak dapat jua. Aku kangen dengan daerah itu. Sebab meski aku bukan orang Batulicin, namun ada kenangan indah dalam secuil kisah hidup saya.

    Jadi, ketika aku temukan blog ini, ya numpang ajalah. Meski aku tahu anda bukan orang sana, tapi siapa tahu ada orang Batulicin kasih info melalui blog yang isinya tentang kota itu, termasuk foto-fotonya.

    Tapi paling tidak aku sudah tahu dari foto yang terpampang di sini. Wah, maju banget ketimbang 8 tahun yang lalu, ketika saya di sana. Ada Hotel Eboni, ada masjid yang bagus etc.

    Tapi yang membuat aku tersentuh, foto persawahan dan tepian pantai dengan kapal kayunya.

    Makasih banget. teman-teman di Batulicin silahkan kontak aku di sts_bondet@yahoo.co.id.

  • Nuzan

    Tanah Bumbu,
    I missed you…..
    Kapan ya bs balik lagi?
    Meskipun sarana prasarananya masih banyak yang gak beres, tetap salut ma pak bupati Zairullah Azhar. Saya mendukung niat bapak untuk menjadikan Tanah Bumbu sebagai kabupaten yang berkonsep Illahiyah.
    Kelamaan di kampung urang (jogja) jd kangen rumah nih.

  • tajudin

    tanah bumbu keren banget sih. jadi kangen ama keluarga di sana. salam buat semua nenek, paman, bibi, sepupu, ponakan dan cucuku di sana khsusnya rida, haji said, wa dade’ dll. do’akan pesta laut bulan april aku bisa datang lagi.

  • supian

    aq jg orang batulicin tapi kuliah d bjb…g jauh seeeh….
    bsa pulang kpan aj……
    tp gmn pun aq tetap kangen pulang…
    knp y…..?

  • supian

    aq jg urang btl….
    kulh d bjb…g jauh pang ….
    tp tetap aj kangen pulang…
    knp y…?

  • Nuzan

    Pak, bu, gimana kabar tanah bumbu sekarang?
    Kasih kabar dunk!
    Kangen nih!

  • emmy

    Tanah bumbu keren juga..1x ksana aku pengen balik ksana lagi, eh kesampaian. insyaallah ntar ada rejekinya kesana lagi. kotanya bagus, n aku bangga sebagai orang kalimantan selatan yang mempunyai kabupaten seperti tanah bumbu, sukses selalu semoga tambah maju. jadi kangen nih!

  • Anto

    ulun sekarang tinggal di jogja,disana tinggal di teluk kepayang,kusan hulu,lebaran kemarin mudik, ternyata asyik juga karena ulun bulik dari banjar lewat menyusiri pegunungan meratus,lewat perkampungan suku dayak loksado,jalannya udah di aspal tp banyak yg longsor dan sgt berbahaya, dan ulun sempat mengabadikan foto2 di daerah pegungungn tersebut, sangat indah…ulun fikir perlu kerja keras lagi untuk membangun tanah bumbu menjadi lebih baik..salam hangat

  • Nuzan

    Anto, d jgj tinggal dmn?

  • wah wah luar biasa aku salut untuk foto foto dan ulasan tantang tanah bumbu yang anda buat.bener benrr orisinil tenan mas.
    hanya perlu di soroti lebih dalam lagi supaya lebih mengenal lebih dekat.dengan masyarakate mas yang terdiri dari banyak suku suku lokal maupun nasianal tapi selema ini tetep akur akur saja.dan patut dijadikan contoh untuk daerah lain yang rawan konflik.

  • Kangen menyeruak dalam hati kecil…………sebamban sungai loban tanah bumbu telah menorehkan tinta dalam lembar2 perjalanan hidupku.bravo Tanbu

  • pic nya ganti yg update donk bos..masa itu2 melulu…

  • pic nya ganti yg ter update donk bos, masa itu2 melulu dr dulu….

  • suci btl

    hai gw kangen banget ne ma temen2 alumni sman1 btl……kbr lo pade gimane??? gw skrnag lg kul di stikes bantabantaeng Makassar…

  • nuzan

    Ne web kayaknya ga pernah di up date ya?

    Pic-nya ganti donk!

    orang jogja lg kangen ma tan-bu nih.

  • kok gambarnya itu2 aja sich..ganti ya ! aq bentar lagi jadi warga tanbu, dimana ya ntar aq ditempatkan ? di SMA mana ya…????

  • Aku bentar lagi jadi warga Tanah Bumbu…jadi kangen nih..kapan ya kesana…picnya diganti donk

  • The One

    Mengutip tuliasan di atas “benar saja, saya pun dimanjakan dengan pemandangan-pemandangan landscape yang lebih indah dari wallpaper Windows XP. Hutan yang asri, hijau lebat, diseling padang rumput yang luas” salah lihat kali… mas, itu semua gak benar
    Sewaktu pertama kali menginjak kaki di Borneo, sepanjang perjalanan saya ngomel, karena merasa telah di BOHONGI guru SD, sewaktu saya duduk di bangku Sekolah Dasar, beliau bercerita kalau Kalimantan itu adalah hutan yg luas & penuh pepohonan yg besar & tinggi, ternyata semua itu Busyeet…!!! Tapi maklum saja wong guru SD saya tidak pernah kekalimantan, beliau hanya tau dari cerita di TV dll

  • The One

    kalo ada yg mau tahu Tanbu dari sisi yg lain
    kunjungi blog aq donk…!!!
    anginlautpagatan.blogspot.com

  • @The One
    Pengalaman Anda beda dengan yang saya alami. Terima kasih sudah numpang ngiklan di blog saya.

  • nuzan

    @The One

    “Sewaktu pertama kali menginjak kaki di Borneo, sepanjang perjalanan saya ngomel, karena merasa telah di BOHONGI guru SD, sewaktu saya duduk di bangku Sekolah Dasar, beliau bercerita kalau Kalimantan itu adalah hutan yg luas & penuh pepohonan yg besar & tinggi, ternyata semua itu Busyeet…!!! Tapi maklum saja wong guru SD saya tidak pernah kekalimantan, beliau hanya tau dari cerita di TV dll”

    Borneo bagian mana dulu bung?
    Tanah borneo tu luas, emang ente udah pernah jelajah setiap jengkal tanah di pulau kalimantan?

    Jangan langsung men-justifikasi gitu donk!

    Ada yang ga terima nih!Tanah kelahirannya dihina kayak gitu.

  • Hai teman teman, aq bru aja ni masuk keblog ini,aqkan sbnrnya mau buka friendster pagatan, syp tau ada temen aq, tp ternyata gk ada, aq mlah nyasar kesini tp asyik jg sich denger cerita kalian aq jg sdh lama ninggalin TANBU,ditahun 2000, sebenernya aq kngen bnget sama kampung kelahiran aq, masa2 kecil aq dulu, pingin ktemu sama temen sepermainan ku, wich rasanya sedih bnget pas aq buka internet tentang tanah bumbu. Rasanya pingin bnget liat pantainya. Temen buka ya web aq syp tau kalian ada yg kenal sama aq. http://yhonz.mw.lt

  • Teman klik friensdter aq ya? Coz web jg terkadang error

  • qieb

    Selamat saya ucapkan kpd selurh anggota Dewan yang terhormat yang telah terpilih menjadi wakil rakyat di DPRD Kab.Tanah Bumbu…Ingat janjinya untuk memajukan Kab.Tanah Bumbu…krn kami akan selalu ingat akan janjimu kpd kami waktu kalian berkampanye dulu…

  • Rangga SManSa Pagatan’06

    buat.. teman2 semua yang bermukim di tanahbumbu, terutama anak alumni SDN1 sungaidanau, alumni SDN3 sungai danau, SMPN1 satui, SMAN1 Kusan Hilir, ato kalian yang sedang kuliah di jogyakarta search Kawanua Rangga Wirawan ya di facebook.

  • The One

    nuzan yg baek…!!!

    mohon maaf…. sekali maaf, saya tidak ada bermaksud menghina, tapi saya ketika ke Kal-Sel di sunguhi pemandangan yg jauh dari hayalan saya, karena d suguhi hutan yg gundul & abrasi pantai yg sangat parah sepanjang jalan Sungai Loban – Pagatan (Tanah Bumbu.

    nuzan perlu ada ketahui, saya kerja d Coal Mining Company jadi saya bukan hanya melihat kawasan di pinggir jalan raya saja, tetapi saya telah masuk ke pedalaman, gimana ganasnya para Perusahaan Asing membabat hutan kita tanpa reklamasi

  • saya masih sangat lirih ya melihat sarana jalan yang kurang mendukung untuk transfortasi.
    kenapa sih belum ada perbikan,,???

  • Asss………..
    Ini imay alumni SMA 1 kusan hilir angktan 2007.
    Titip slam gsan buhan kekawanan angktan 07 lah,,, moga sukses berataan.

  • assalaamu’alaikum tanah bumbu……lama nian tak pulang kampung. jadi kangen ma kamu,ma keluarga, temen-temen MTs Al-Ishlahiyyah di ds.1, dll.sebenarnya, liburan ini orang tua minta aku tuk pulkam, but aku masih banyak agenda liburan di Malang.buat temen-temenku di rumah pa kabar? kalian tega yan g’ pernah komunikasi lagi ma aku. buat Dewi, Sidah, Anang, Gatot, Sutar, Sisri, and all of my friend salam ukhuwah dariku.Tanbu makin OK aja…

  • ical

    halo semua…tadi aku baca banyak yang nanya dimana letak hotel ebony..ee..kebetulan rumah aku cuma 100 meter dari hotel ebony dibatulicin…tapi skrg aku tinggal dijkt…tp sayang lebaran ini aku ga bisa pulang cause istri ga dpt cuti dr kantor..salam kenal semua..

  • Mat kenal bos !!!!!!!!!!!!!!!!

  • beny

    hai teman2 jd kn kota kita itu m’jd kota yg bersih dr segala maslah baik masalah pribadi maupun umum….agar tidak m’rugikan org bnyk,biar lah masa lalu berlalu…jangan biarkan terulang kmbli..agar ms depan kita cerah seperti awan dilangit yang m’yelimuti kita…??????

  • abdul rahman

    assalamu alaikum!! teman2 yg berasal dari tanbu maaf yach numpang coret!! q mahasiswa UIN makassar mau cri temn2q alumni SLTPN 1 Kusan Hilir angktan 2003!!

  • aulia

    assalm, say anak batulicin juga, kebetulan ayah juga bekerja di RSUD Batulicin. kalau boleh tahu nama direkturnya sapa? , kali ja kenal,..

  • @aulia
    waktu itu, dijabat pak drg. Harry.

  • Selain Indah juga mempunya potensi untuk maju berkembang lebih cepat dengan dukungan PAD yg luar biasa terutama dr Batulicin Coalnya.

    Salam berbagi.