Pengendalian: Biar Sederhana Asal Adil

Catatan pelanggan cuci mobil itu dibuat sesederhana mungkin. Yang penting, siapa saja dapat mengisi. Tak perlu pedoman khusus, petunjuk pelaksanaan, petunjuk teknis atau apalah namanya.

Catatan Cuci Mobil Catatan Cuci Mobil

Caption mewakili timeline pekerjaan. Tanggal belum tembus dua digit, tapi lembar pelanggan sudah setengah terisi.

Diam-diam, semua aspek akuntansi terwakili. Completeness, semua mobil yang dicuci wajib dicatat. Cut Off, kode pekerja dicatat sesuai shift pekerjaan selama masih dikerjakan tim yang sama. Reliability and relevance, informasinya dapat diandalkan, lha wong dipake untuk pengambilan keputusan: perkiraan tagihan listrik, setoran ke pemilik modal, servis alat-alat, dll. Materiality, tidak ada pemasukan yang tidak material.

Fungsi terpenting catatan ini untuk keadilan pembagian. Agar semua pekerja membawa pulang hasil kerjanya hari itu

Menyenangkan memang melihat teamwork yang solid. Semua seolah menjadi mudah. Mutu pekerjaan bisa standar. Pelanggan puas pun akan kembali lagi. Selama menunggu mobil dicuci, pelanggan seolah disuguhi pertunjukkan mobil menari di atas pompa hidrolik (sayang foto mobil didongkrak, hilang saat transfer data). Berputar-putar disemprot semburan air dari pipa berbentuk senapan. Petugas pencuci dengan lincah mengendalikan pompa hidrolik, mengatur ketinggian. Satu mobil cukup dilayani 2 petugas. Mobil yang tadinya tertutup debu dan lumpur, pelan-pelan terlihat gagah kembali. Dengan kilauan cat dan semir ban.

Sambil menunggu mobil dikeringkan, bisa sekalian menikmati suguhan dari tukang rujak yang mangkal disitu. Hanya saja sang tukang rujaknya rabun. Jumlah porsi pesanan yang cuma diwakili jari telunjuk, diberikan dua piring. Maklum order disampaikan dengan teriakan dan tepuk tangan.

Pesan Rujak