Bekicot Runner

Seharusnya judul tulisan ini Snail Runner kalo konsisten dengan bahasa Inggris. Tapi karena tidak dimaksudkan sebagai tulisan bahasa Inggris yang serius, jadi terima sajalah ya… Tulisan ini tentang kegiatan keluarga kami bersama-sama mengamati tingkah laku seekor bekicot.

Bekicot Runner

Pagi itu, kami menemukan seekor bekicot saat jalan-jalan pagi di sekitar komplek. Sang Bekicot ditemukan sedang berjalan di pelataran konblok. Sepertinya ia baru saja pulang dari klab malam.. euh.. wrong script, ia baru saja pulang dari pesta.. this is also another script! Sepertinya ia baru akan mencari tempat yang lebih teduh menghindari sinar matahari yang mulai menghangat.

Bekicot adalah hewan yang mudah ditemui di sekitar kita. Idealnya, kita mengenal dengan baik benda-benda di sekitar kita. Apa manfaatnya, bagaimana perilakunya, adakah bahayanya, dst, dll. Jadi kegiatan memperhatikan benda-benda di sekitar kita dapat diarahkan untuk membawa level kualitas kehidupan kita menjadi lebih baik. Harapan kami, kegiatan mengamati bekicot ini nantinya dapat menginspirasi anak-anak kami untuk mengungkap manfaat dari benda seremeh apapun.

Lalu kami ramai-ramai melihat caranya bergerak. Awalnya ketika disentuh, bekicot akan menarik diri ke dalam cangkangnya. Lalu setelah beberapa saat, ia akan menjulurkan lagi badannya keluar cangkang. Ada sepasang sungut panjang yang ekstra sensitif. Meskipun kita belum menyentuh 2 sungut tersebut, jika kita mendekatkan jari kita ke arah sungut, maka sungut akan memendek.

Kami lalu membuat sedikit percobaan. Bagaimana jika kita meletakkan jari kita di lintasan jalan si bekicot. Apakah dia akan menarik dirinya karena ada benda asing, ataukah dia akan melewati jari kita tanpa menyadari bahwa itu adalah benda asing?

Bekicot Runner

Ternyata, si Bekicot dengan santainya melewati jari-jari kami yang diletakkan di jalur perjalanannya. Apakah sensor di kaki bekicot lebih tidak sensitif ketimbang di bagian antenanya? Ataukah dia bisa memitigasi risiko sentuhan di kaki lebih rendah daripada di antena? Entahlah.. kami memang tidak berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Kami hanya berharap mudah-mudahan kegiatan ini dapat menanamkan kecintaan terhadap lingkungan, menumbuhkan rasa syukur terhadap ciptaan Allah, tidak sombong dengan kemampuan diri sendiri, memanfaatkan waktu berkualitas bersama keluarga dan manfaat lainnya.

Anda juga suka main bekicot bukan?